Minggu, 18 Februari 2018

Memaksimalkan Saat-saat Berdua dengan Bayi Umur 0-11 Bulan

memaksimalkan-saat-berdua-dengan-bayi-umur-0-11-bulan

  1. Tatap wajah bayi Anda saat Anda berbicara, membungkuk dan buat kontak mata.
  2. Ajukan pertanyaan menggunakan suara yang keibuan, jeda dan beri waktu bayi untuk membuat bunyi sebagai balasan.
  3. Mainkan permainan jenis ciluk-ba yang sederhana dengan bayi Anda. Nyanyikan sajak dan lagu untuk mengenalkan nada.
  4. Tirukan bunyi yang dibuat oleh bayi. Hal ini akan mendorong lebih banyak bunyi yang akhirnya menjadi kata-kata.
  5. Buat jarak bayi 20-25 cm dari wajah Anda saat Anda berbicara kepadanya - hal ini membantu mereka fokus.

Aktivitas untuk prasekolah yang kaya bahasa

Perkembangan fisik

Berguling

Bayi belajar berguling sendiri dan tidak perlu diajari, tetapi Anda dapat membantu memperkuat otot-otot yang dipakai dengan memiringkan bayi dan menyangga dari belakang dengan gulungan selimut.

Berbaring dengan dekat bayi dan minta dia untuk menjangkau Anda. Akhirnya dia akan tersungkur ke depan dan kemudian akan bisa melakukan hal tersebut dengan niat. Dorong dan pengulangan dengan mainan kesukaan atau dengan tersenyum dan berbicara, gunakan frasa yang mendorong seperti ‘ayo, kamu bisa melakukannya’, ‘hebat, anak pintar,’ dsb.

Pengetahuan dan pemahaman tentang dunia

Aktivitas Luar Sekolah

Beri bayi pemandangan dari tempat yang tinggi terhadap dunia disekitarnya. Bawa bayi berkeliling setinggi mata Anda dan namai tiap benda saat Anda menyentuhnya. Sertakan benda-benda seperti jendela, pintu, mainan, buku dan orang dewasa lain dan bayi lain. Permainan ini dapat juga dilakukan di luar. Saat bayi lebih tua, termasuk juga menyentuh bayi tersebut.

Perkembangan personal: sosial dan emosional

Percapakan awal

Bayi takjub dengan wajah dan suara, dan komunikasi pertama Anda adalah melalui bunyi yang Anda buat dan kedekatan wajah Anda. Dekatilah bayi Anda, tatap matanya dan mengoceh (maknanya tidak terlalu penting), ceritakan pada mereka hal yang sedang Anda kerjakan dan tempat Anda pergi, dsb. Beri jeda dan beri waktu bagi bayi untuk merespons dengan membuat bunyi. Tunjukkan rasa senang dan bahagia ketika bayi berbalik berbicara kepada Anda.

Pemecahan masalah, berpikir dan angka

Menemukan jam dengan bunyi tik-tik

Belilah jam beker besar yang berbunyi tik-tik. Tunjukkan jam tersebut kepada sang bayi dan biarkan dia menyelidiki dan menyentuhnya. Letakkan jam tersebut di bawah selimut di atas lantai dan biarkan bayi bergulung atau merangkak mencari jam itu. Puji bayi saat dia menemukan jam tersebut. Buat permainan ini lebih sulit dengan meletakkannya di dalam kota sepatu, dsb. Permainan ini dapat juga dilakukan dengan mainan musikal.

Perkembangan kreatif

Menangkap gelembung

Buat atau beli gelembung. Dudukkan bayi di kursi tinggi, atau ditopang dengan bantal, tiup gelembung ke arah bayi (hindari wajahnya). Dukung bayi untuk menonton, bertepuk tangan, dan menangkap gelembung tersebut. Pegang gelembung besar di tangan dan biarkan bayi melihatnya dengan dekat. Dorong bayi untuk memecahkan gelembung saat dia selesai melihat. Ingatlah untuk berkomentar terhadap apa yang sedang Anda lakukan. Serta jangan lupa, pastikan Anda siap dengan lap di tangan untuk menyeka tangan bayi setelah aktivitas ini.

Komunikasi, bahasa dan huruf

Bagian tubuh

Siapkan satu benda khusus. Dalam kesempatan berdua dengan bayi gunakan benda tersebut untuk mengajarkan nama bagian tubuh. Letakkan benda tersebut di atas kepala Anda dengan mengatakan ‘kepala saya’, kemudian letakkan di atas kepala bayi dengan mengatakan ‘kepalamu’ dan diteruskan dengan bagian tubuh yang lain, menyentuh hidung, telinga, dsb. Kemudian bagian tubuh bayi dengan benda tersebut. Aktivitas ini dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sering kali berubah menjadi permainan seperti ciluk-ba.

#terimakasihgoogle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar