Minggu, 29 Juli 2018

Memaksimalkan Saat-saat Berdua: Anak Umur 8-20 Bulan


  1. Saat mengganti popok, katakan apa yang sedang Anda lakukan, katakan nama benda-benda yang Anda gunakan.
  2. Bersama-sama lihat buku bergambar dan foto dan berbicara mengenai orang, benda dan karakter.
  3. Selama aktivitas harian seperti memasak dan membersihkan, berbicaralah menganai apa yang sedang Anda lakukan dengan kalimat pendek.
  4. Sebutkan nama-nama pakaian dan bagian tubuh saat mendandani bayi Anda atau saat berdandan di depan bayi Anda.
  5. Perkenalkan lagu tindakan kepada bayi Anda dan saat memegang tangannya dorong mereka ikut ke dalam tindakan tersebut.
  6. Mulai bergiliran dalam permainan sederhana: runtuhkan bata, ayun-ayunkan benda, dsb sambil berkata ‘Giliranmu... giliranku...”
  7. Pergilah berjalan-jalan dan mulai tunjuk dan sebutkan benda-benda yang Anda lihat, misalnya mobil, kucing, burung dan katakan ‘Lihatlah .....’ Sambil menunjuk.

Aktivitas untuk prasekolah kaya bahasa: anak umur 8-20 bulan

1. Perkembangan fisik

Meraih

Dengan menggunakan gym untuk bayi, tikar bermain atau permainan favorit, bermainlah dengan bayi, mengeksplorasi apa yang dapat dilakukan dengan alat tersebut. Letakkan sejumlah mainan di lantai di atas tikar. Berbaring dengan bayi dan bermain merenggang dan bergulung bersamanya saat mereka menggapai mainan favorit. Dukung bayi untuk meraih sendiri tetapi siaplah membantu jika mereka tidak dapat menggapainya. Komentari aktivitas tersebut dengan mengatakan hal seperti “Ah, kamu ingin boneka teddy - raihlah dengan tanganmu’ dsb.

2. Pengetahuan dan pemahaman dunia

Berjalan mengeksplorasi (dapat juga dilakukan di luar di taman prasekolah)

Pergilah keluar berjalan-jalan atau berkeliling di taman bermain dengan bayi digendong atau dengan kereta dorong atau dengan toddling. Berjalanlah perlahan, berhenti dan tarik perhatian bayi ke arah detail seperti pohon, bunga, burung, dsb. Angkat batu atau batang dan bersama bayi lihatlah apa yang ada di bawahnya. Lihatlah di luar pagar, di bawah bangku dan ke langit. Tunjuk dan ceritakan pada bayi semua yang Anda lihat.

3. Perkembangan personal: sosial dan emosional

Saling merawat tas

Kumpulkan tas kecil dengan benda-benda yang diperlukan untuk ‘saling merawat’, misalnya sikat lembut, lap wajah, sikat gigi, wadah kosong krim bayi, dsb. Minta bayi untuk mengeluarkan sesuatu dari dalam tas dan katakan ‘Lihat sisir rambut, sisir rambutmu’, kemudian tunjukkan pada bayi cara melakukannya. Selanjutnya kembangkan aktivitas yang mendorong bayi untuk menyisir rambut Anda dengan mengatakan ‘Manis sekali, kamu merawat aku’ dsb. Kegiatan ini akan membantu bayi mengembangkan empati sekaligus belajar kata-kata baru. Aktivitias ini dapat dijalankan bersama bayi dan seorang anak lain yang lebih besar, dengan pembina mencontohkan bagaimana saling merawat.

Catatan: Saat menggunakan wadah krim bayi, pastikan wadah tersebut kosong dan berpura-pura menggunakan krim tersebut. Hal ini akan membantu mengembangkan permainan imajinatif atau pura-pura.

4. Pemecahan masalah, penalaran dan angka

Menggali harta

Sembunyikan benda dan mainan (jangan terlalu kecil) di bawah atau di dalam setumpuk majalah yang diremas-remas atau kertas bungkus yang ditumpuk di lantai atau dalam kotak. Bersama bayi mulailah menyingkirkan kertas untuk mencari harta yang tersembunyi. Katakan ‘Lihat, sebuah ....’ Dorong bayi untuk merangkak berkeliling mencari lebih banyak benda lagi. Ikut serta dengan bersemangat.

Saran: Simpan kertas yang diremas-remas untuk kegiatan nanti.

5. Perkembangan kreatif

Gambar jari acak-acakan

Dengan menggunakan sejumlah botol cat yang bisa diremas minta anak memilih satu warna untuk digambar. Bantu dia meremas sedikit di atas nampan yang pinggirnya dalam. Dorong anak tersebut meletakkan tangannya di atas cat untuk merasakan dan mencampurnya. Dorong dia menggunakan jari-jarinya sebagai kuas gambar dan gambar lingkaran-lingkaran di atas nampan tersebut. Di sini pembina dapat membantuu anak tersebut membuat cetakan dengan meletakkan selembar kertas di atas cat tersebut dan dengan perlahan mengangkatnya. Tetapi ingat aktivitas ini adalah tentang ‘melakukan’ dan bukan produk akhir. Beri komentar terhadap catnya yang terasa di tangan, dengan menirukan kata atau bunyi yang diucapkan oleh anak.

Catatan: Selalu siapkan satu baskom air sabun dan lap untuk menyeka tangan anak. (Ini bisa menjadi kegiatan lain lagi!)

6. Komunikasi, bahasa dan huruf

Sajak jari dan sajak anak-anak

Bayi dalam usia ini mulai ikut serta dan bersemangat dengan lagu dan musik. Pilih beberapa sajak jari (finger rhymes) untuk dinyanyikan secara teratur kepada bayi atau anak kecil, dan tunjukkan tindakannya dengan menggerakkan lengan mereka atau menunjukkan gerakan di depan mereka. Pilih lagu berulang dan pendek dan lantunkan secara teratur, seperti ‘Nama-nama Hari dan Twinkle Little Star’. Beli buku yang bagus yang berisi banyak sajak dan lagu anak-anak serta sajak jari untuk digunakan pembina. Secara teratur mainkan musik bersama sajak anak di prasekolah. Bernyanyi merupakan cara yang bagus untuk mempraktikkan ‘temukan suaramu’.

#terimakasihgoogle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar