- Saat mengganti popok, katakan apa yang sedang Anda lakukan, katakan nama benda-benda yang Anda gunakan.
- Bersama-sama lihat buku bergambar dan foto dan berbicara mengenai orang, benda dan karakter.
- Selama aktivitas harian seperti memasak dan membersihkan, berbicaralah menganai apa yang sedang Anda lakukan dengan kalimat pendek.
- Sebutkan nama-nama pakaian dan bagian tubuh saat mendandani bayi Anda atau saat berdandan di depan bayi Anda.
- Perkenalkan lagu tindakan kepada bayi Anda dan saat memegang tangannya dorong mereka ikut ke dalam tindakan tersebut.
- Mulai bergiliran dalam permainan sederhana: runtuhkan bata, ayun-ayunkan benda, dsb sambil berkata ‘Giliranmu... giliranku...”
- Pergilah berjalan-jalan dan mulai tunjuk dan sebutkan benda-benda yang Anda lihat, misalnya mobil, kucing, burung dan katakan ‘Lihatlah .....’ Sambil menunjuk.
1. Perkembangan fisik
Meraih
Dengan menggunakan gym untuk bayi, tikar
bermain atau permainan favorit, bermainlah dengan bayi, mengeksplorasi apa yang
dapat dilakukan dengan alat tersebut. Letakkan sejumlah mainan di lantai di
atas tikar. Berbaring dengan bayi dan bermain merenggang dan bergulung
bersamanya saat mereka menggapai mainan favorit. Dukung bayi untuk meraih
sendiri tetapi siaplah membantu jika mereka tidak dapat menggapainya. Komentari
aktivitas tersebut dengan mengatakan hal seperti “Ah, kamu ingin boneka teddy -
raihlah dengan tanganmu’ dsb.
2. Pengetahuan dan pemahaman dunia
Berjalan mengeksplorasi (dapat juga dilakukan
di luar di taman prasekolah)
Pergilah keluar berjalan-jalan atau
berkeliling di taman bermain dengan bayi digendong atau dengan kereta dorong
atau dengan toddling. Berjalanlah perlahan, berhenti dan tarik perhatian bayi
ke arah detail seperti pohon, bunga, burung, dsb. Angkat batu atau batang dan
bersama bayi lihatlah apa yang ada di bawahnya. Lihatlah di luar pagar, di
bawah bangku dan ke langit. Tunjuk dan ceritakan pada bayi semua yang Anda
lihat.
3. Perkembangan personal: sosial dan
emosional
Saling merawat tas
Kumpulkan tas kecil dengan benda-benda yang
diperlukan untuk ‘saling merawat’, misalnya sikat lembut, lap wajah, sikat
gigi, wadah kosong krim bayi, dsb. Minta bayi untuk mengeluarkan sesuatu dari
dalam tas dan katakan ‘Lihat sisir rambut, sisir rambutmu’, kemudian tunjukkan
pada bayi cara melakukannya. Selanjutnya kembangkan aktivitas yang mendorong
bayi untuk menyisir rambut Anda dengan mengatakan ‘Manis sekali, kamu merawat
aku’ dsb. Kegiatan ini akan membantu bayi mengembangkan empati sekaligus
belajar kata-kata baru. Aktivitias ini dapat dijalankan bersama bayi dan
seorang anak lain yang lebih besar, dengan pembina mencontohkan bagaimana
saling merawat.
Catatan: Saat menggunakan wadah krim bayi,
pastikan wadah tersebut kosong dan berpura-pura menggunakan krim tersebut. Hal
ini akan membantu mengembangkan permainan imajinatif atau pura-pura.
4. Pemecahan masalah, penalaran dan
angka
Menggali harta
Sembunyikan benda dan mainan (jangan terlalu
kecil) di bawah atau di dalam setumpuk majalah yang diremas-remas atau kertas
bungkus yang ditumpuk di lantai atau dalam kotak. Bersama bayi mulailah
menyingkirkan kertas untuk mencari harta yang tersembunyi. Katakan ‘Lihat,
sebuah ....’ Dorong bayi untuk merangkak berkeliling mencari lebih banyak benda
lagi. Ikut serta dengan bersemangat.
Saran: Simpan kertas yang diremas-remas untuk
kegiatan nanti.
5. Perkembangan kreatif
Gambar jari acak-acakan
Dengan menggunakan sejumlah botol cat yang
bisa diremas minta anak memilih satu warna untuk digambar. Bantu dia meremas
sedikit di atas nampan yang pinggirnya dalam. Dorong anak tersebut meletakkan
tangannya di atas cat untuk merasakan dan mencampurnya. Dorong dia menggunakan
jari-jarinya sebagai kuas gambar dan gambar lingkaran-lingkaran di atas nampan
tersebut. Di sini pembina dapat membantuu anak tersebut membuat cetakan dengan
meletakkan selembar kertas di atas cat tersebut dan dengan perlahan
mengangkatnya. Tetapi ingat aktivitas ini adalah tentang ‘melakukan’ dan bukan
produk akhir. Beri komentar terhadap catnya yang terasa di tangan, dengan
menirukan kata atau bunyi yang diucapkan oleh anak.
Catatan: Selalu siapkan satu baskom air sabun
dan lap untuk menyeka tangan anak. (Ini bisa menjadi kegiatan lain lagi!)
6. Komunikasi, bahasa dan huruf
Sajak jari dan sajak anak-anak
Bayi dalam usia ini mulai ikut serta dan
bersemangat dengan lagu dan musik. Pilih beberapa sajak jari (finger rhymes)
untuk dinyanyikan secara teratur kepada bayi atau anak kecil, dan tunjukkan
tindakannya dengan menggerakkan lengan mereka atau menunjukkan gerakan di depan
mereka. Pilih lagu berulang dan pendek dan lantunkan secara teratur, seperti
‘Nama-nama Hari dan Twinkle Little Star’. Beli buku yang bagus yang berisi
banyak sajak dan lagu anak-anak serta sajak jari untuk digunakan pembina.
Secara teratur mainkan musik bersama sajak anak di prasekolah. Bernyanyi
merupakan cara yang bagus untuk mempraktikkan ‘temukan suaramu’.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar