![]() |
Mainan Edukasi Abaca Flashcard Seri 2 |
![]() |
Mainan Edukasi Abaca Flashcard Seri 2 |
ABACA FLASHCARD TIDAK DIJUAL DITOKO BUKU, DAPATKAN HANYA DI DISTRIBUTOR DAN AGEN RESMI.
Kami agen resmi ABACA Flashcard di Kota Semarang menyediakan berbagai Seri ABACA Flashcard sebagai media mainan edukasi yaitu mengajar anak membaca melalui permainan yaitu
ABACA
Flashcard Seri 2
Ayo
Belajar Membaca Sambil Menjelajah Dunia Stoberi
ABACA Flashcard Seri 2, belajar suku kata
berakhiran e dan o, dengan judul AYO BELAJAR MEMBACA SAMBIL MENJELAJAH DUNIA
STROBERI, harga Rp. 45.000,- (empat puluh lima ribu rupiah).
Spesifikasi
produk:
-
Terdapat 52 kartu yang full color dan dicetak di atas kertas art paper.
-
1 lembar papan main full color yang berukuran A4 yang berisi permainan menguak
misteri rumah strawberry dan lembar catatan hasil permainannya yang dilengkapi
dengan skor dan grade yang diperoleh anak.
- 1 lembar gambar
glossy photo paper full color strawberry ± 45 gambar.
Zaman
dahulu kala, terdapat anak berkebangsaan Inggris mengambil aku dari atas pohon.
Anak itu kemudian mengikat aku di tumpukan jerami-jerami dan berkeliling ke
desa lalu berteriak, “Straw of Berries”, supaya masyarakat desa mau membeli
aku. Waktu kejadian itu berlangsung, aku tidak ingat perses kapan hal itu
terjadi, namun kata orang-orang waktu itu, hal tersebut terjadi pada abad yang
ke-19. Mungkinkan sebab itu aku dipanggil strawberry? Pasti penasaran kan
dengan kisa strawberry tersebut?
Terdapat
delapan kisah yang unik dan lucu-lucu yang diceritakan dengan bahasa yang mudah
ditangkap oleh anak-anak. Dan kisah ini dipadukan dengan game yang seru dan
asyik pastinya. Hati-hati? Nanti kamu akan menemukan banyak bom di sela-sela
belajar kamu.
KELEBIHAN
ABACA FLASHCARD SERI 2
-
Tidak hanya sekedar belajar membaca, namun anak juga ditumbuhkan minat dalam
bacanya. Sebab anak yang mampu membaca di usia dini, belum tentu memiliki minat
membaca pada saat dewasa. Keingingan membaca akanbisa ditumbuhkan apabila anak
sering dibacakan kisah dan cerita serta memiliki pengalaman menyenangkan ketika
belajar membaca. Apalagi kalau kisah dan ceritanya ada hubungannya dengan sains
dan disampaikan dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh anak, sehingga
proses belajar akan menjadi semakin asyik.
-
ABACA Flashcard seri 2 membaca ini disusun dengan sangat teratur, sangat
bertahap dan juga sistematis. Di tahapan awal, anak hanya diperbolehkan
memainkan cukup 15 suku kata pilihan saja. Penemu metode ini sangat
berhati-hati di dalam memilih suku katay yang “harus” dikenalkan pada anak
terlebih dahulu dengan tujuan menghindari efek bosan atau jenuh.
-
Suku kata yang dipilih telah terbukti gampang untuk diingat anak-anak.
-
Dilengkapi permainan menguak misteri rumah strawberry, ABACA Flashcard seri 2
ini tidak kalah asyiknya dengan permainan yang terdapat di ABACA Flashcard seri
membaca 1 yaitu game memanen es krim. Permainan menguak misteri strawberry ini
menyuguhkan hal-hal yang tidak ada pada permainan sebelumnya, yaitu mengenalkan
anak konsep sains dengan game yang asyik yang terbukti membuat anak sangat
senang pada saat mendengar cerita. Apalagi disampaikan dengan gaya bahasa yang
gampang dipahami si anak, dan di game ini ada dinamitnya, wah...... benar-benar
bikin permainannya makin seru saja!
COCOK
UNTUK ANAK BERUSIA 3-7 TAHUN (tergantung kecerdasan si kecil)
ATURAN BERMAIN GAME
MENGUAK MISTERI RUMAH
STROBERI
Permainan sebaiknya dilakukan oleh 2
orang yaitu Anda dan anak Anda (Anda berfungsi sebagai pemandu)
Sebelum bermain, tunjukkan pada anak
kartu pada box 1A dan lembar permainan Menguak Misteri Rumah Stroberi beserta
daftar hadiahnya. Jangan buka kartu pada box (kartu) selain kotak yang
bertuliskan 1A. Simpan sisanya, dan jangan dibuka/dikeluarkan kecuali anak
sudah mahir bermain kartu dalam box 1A. Ceritakan pada anak aturan mainnya
dengan menunjukkan game Menguak Misteri Stroberi beserta gambar-gambar stroberi
yang menarik perhatian. Tanyakan pada anak, apakah dia suka dengan
hadiah-hadiah itu? Jika ya, maka dia harus bermain kartu bersama Anda. Namun jika
tidak, maka jangan paksa anak untuk bermain. bersabarlah dan tunggu dia hingga
benar-benar siap. Saat akan bermain usahakan anak tidak mengantuk, capek atau
kondisi yang membuat dia tertekan. Cobalah di lain waktu saat kondisi anak
benar-benar siap dan mau bermain. Bujuklah dia dengan daftar hadiah yang
bergambar stoberi jika dia mampu bermain dengan baik. Dan ajaklah dia
menggunting hadiah-hadian tersebut sesuai instruksi pada kertas lembar hadiah. Bangunlah
komunikasi yang baik dengan anak agar dia merasa nyaman bersama Anda dan mau
bermain kartu bersama Anda.
Setelah anak siap bermain, Anda harus
sudah memahami aturan permainannya terlebih dahulu. Janganlah membuat anak
bingung sehingga permainan menjadi tidak menyenangkan. Bacalah instruksi di bawah
ini dengan teliti dan seksama agar Anda dan buah hati dapat menikmati permainan
dengan seru.
a.
Ambil
kartu pada box 1A lalu letakkan di antara Anda dan anak Anda. Ingat sisi kartu
yang ada gambarnya diletakkan di bawah dan sisi kartu tanpa gambar di atas.
b.
Ambillah
satu kartu yang letaknya paling atas, lalu mintalah anak menebak suku kata pada
bagian kartu yang tidak bergambar.
c.
Jika
jawaban/tebakan anak benar maka putarlah kartu dan lihat berapa poin yang
didapat. Untuk suku kata sulit akan diberikan 5 poin (lihat pada sisi kartu
yang ada gambarnya), artinya jika anak berhasil menjawab dengan benar maka dia
berhak mendapatkan hadiah berupa gambar lima stroberi sesuai dengan jumlah
poin). Jika dia berhasil menebak suku kata yang nilainya 2 poin berarti dai
berhak mendapat gambar dua stroberi dst. Nah, bagaimana jika Anda menemui kartu
bergambar dinamit? Saat Anda mendapatkan kartu bergambar dinamit, maka Anda
dikenai kewajiban menceritakan kisah stroberi sesuai dengan tulisan yang
tertera pada kartu.
Bacakanlah cerita
pada anak tanpa mengubah bahasanya, dan buatlah intonansi yang lucu ketika
membacakannya. Misalnya Anda bercerita tentang stroberi, blueberi dan cranberi
maka buatlah intonansi yang berbeda pada setiap tokoh yang berbeda (stroberi,
cranberi dan blueberi). Biarkan anak mencerna kosakata yang belum diketahui. Mengapa?
Sebab dengan membacakan cerita, bahasa anak semakin kaya. Jauh lebih kaya
daripada dia menonton televisi, karena bahasa dialog tentu saja lebih miskin
dibandingkan dengan bahasa buku.
Setelah Anda selesai
membacakan ceritanya, ulangilah cerita di atas dengan gaya bahasa Anda sendiri
dan tanyakan pada anak Anda apakah dia paham dengan ceritanya. Proses seperti
ini sangat penting untuk menumbuhkan minat membaca pada anak. jadi jangan lelah
membacakan cerita untuk mereka, agar mereka tidak hanya bisa membaca akan
tetapi juga memiliki minat membaca seperti yang Anda harapkan.
Dan ingat pula, pada
awal permainan biasanya anak akan melakukan banyak sekali kesalahan. Tapi jangan
menyerah, bujuk dia untuk bermain lagi dan iming-imingi dia dengan daftar
hadiah. Selama permainan seringlah memberi pujian pada anak Anda meskipun dia
hanya benar 2 suku kata. Pujian Anda sangat diperlukan untuk membangkitkan
semangatnya.
d.
Ketika
Anda memutar kartu untuk melihat poin yang didapat, jangan lupa untuk mengucapkan
dengan keras jawaban kartu tersebut. Misalnya menebak suku kata “pa” katakan
padanya “pa” lalu “palu”. Katakan begitu tidak peduli jawaban anak Anda salah
satu benar. Ini dilakukan agar permainan jadi menyenangkan.
e.
Letakkan
kartu yang sudah ditebak tadi di sebelah kartu-kartu yang belum ditebak. Letakkan
dengan posisi gambar ada di atas dan suku kata di bawah.
f.
Lakukan
permainan hingga kartu dalam box 1A habis.
g. Catatlah
hasilnya pada lembar CATATAN HASIL PERMAINAN GAME menguak Misteri Stroberi.
Catatlah di depan anak Anda agar dia merasakan hasil kerja kerasnya dihargai. Berilah
pujian karena anak Anda telah menyelesaikan permainan ini. Jangan pedulikan
hasilnya dahulu. Pujian akan menyemangati dia untuk mau memainkan kartu lagi
dan membuatnya ketagihan bermain.
h.
Bukalah
box pada kartu 1B jika anak sudah mahir atau hafal 95 % kartu 1A. Lalu campurlah
kartu-kartu tersebut dengan kartu 1A, lalu mainkan dengan cara yang sama.
i.
Jika
anak Anda sudah mahir suku kata pada kotak 1B maka bukalah kotak 2A dan
campurlah dengan kartu-kartu sebelumnya (1A dan 1B). Lakukan permainan dengan
cara yang sama, dst.
j.
Batasi
waktu bermain maksimal 5 menit agar anak Anda tidak cepat bosan. Namun jika
anak Anda meminta Anda untuk terus memainkannya maka lakukanlah. Agar pembelajaran
efektif, permainan sebaiknya dilakukan ketika anak Anda dalam kondisi senang
(tidak terpaksa).
Biar enjoy, lakukan permainan dengan
santai. Setelah dua sampai lima menit bermain kartu, beristirahatlah dan
lakukan nanti setelah beberapa jam berlalu. Cara ini sangat efektif membuat
anak ketagihan bermain kartu tanpa merasa tertekan. Ajak anak bermain jika anak
terlihat gembira.
TERIMA KASIH
Apabila Anda berminat silahkan memesan melalui:
SMS/WA: 082133185500
PIN BB: D0A88FEE
COD Kota Semarang.
Flashcards adalah kartu-kartu bergambar dilengkapi dengan kata-kata yang dapat dikelompokan dalam berbagai kategori diantaranya angka, huruf, warna, buah, hewan, binatang, pakaian dll. Diperkenalkan sebagai sebuah mainan edukasi bagi anak dalam rangka mengenal huruf dan kata-kata yang didesain dengan gambar menarik berwarna-warni. Serta dimainkan dengan cara memperlihatkan kartu kepada anak dan dibacakan secara cepat dalam waktu 1 detik untuk masing-masing kartu, oleh karena itu dinamakan Flash (cepat).
Tujuan dari permainan edukasi ini adalah untuk melatih kemampuan otak kanan anak dalam mengingat gambar dan kata-kata, sehingga perbendaharaan kata dan kemampuan membacanya bisa dilatih dan ditingkatkan sejak usia dini. Sehingga dianggap sebagai terobosan baru dibidang metode membaca dengan mendayagunakan kemampuan otak kanan untuk mengingat. Pada dasarnya metode permainan Flashcards adalah melatih anak menghafal asosiasi antara gambar dan kata-kata, sehingga ketika ia melihat kata-kata itu lagi di kemudian hari maka ia akan mengingat dan dapat mengucapkannya.
Sebenarnya seorang anak sudah menunjukan tanda-tanda kemampuan membaca sejak dini sebab apapun yang mereka lihat sebenarnya adalah sebuah tahapan membaca. Merupakan sebuah fakta bahwa sekalipun belum mengenal huruf, anak-anak sudah dapat membaca dari berbagai gambar dan iklan yang ditayangkan di televisi dengan tulisan yang besar dan mudah dibaca. Hal ini menunjukan bahwa anak-anak selalu berinteraksi dan belajar tentang dunia di sekitarnya.
Masa anak-anak adalah masa bermain, sehingga belum saatnya membebani mereka dengan aktivitas belajar yang berat dan serius. Namun pada saat bermain itulah proses pembelajaran untuk mengasah keterampilan tersebut benar-benar terjadi, meskipun tidak dapat dilihat secara nyata pada saat anak bermain. Seorang orang tua harus dapat mengatur permainan anak sehingga tetap pada jalur pendidikan. Disinilah mainan edukasi ABACA Flashcard mengambil peran untuk menjadi katalis bagi pertumbuhan anak Anda.
Seperti kita ketahui, di hampir semua Tamak Kanak-Kanak, sekarang sudah mulai memasukkan pengenalan huruf dan angka dalam kurikulumnya yang yang dirancang dalam bentuk permainan, nyanyian, gambar-gambar menarik dan lain sebagainya. Artinya, seorang anak balita bisa saja mulai diperkenalkan dengan angka dan huruf, asalkan diajarkan melalui permainan atau aktivitas-aktivitas yang menyenangkan sesuai dengan tingkatan usianya. Jadi, mempelajari apapun itu tidak masalah selama anak merasa senang atau bahagia.
Pembelajaran membaca dengan menggunakan ABACA Flashcard ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak dalam membaca. Anak-anak mulai belajar mengenal sesuatu sejak mereka masih bayi. Prinsipnya adalah anak dibawah usia 5 tahun bisa dengan mudah menyerap informasi dalam jumlah yang luar biasa banyaknya. Pada anak yang berusia kurang dari 4 tahun akan lebih mudah dan efektif, dibawah 3 tahun lebih mudah lagi dan jauh lebih efektif dibawah 2 tahun karena merupakan usia yang paling mudah dan paling efektif menyerap informasi.
Faktor yang sangat penting dalam mengajar anak membaca menggunakan media ABACA Flashcard adalah sikap dan pendekatan yang menyenangkan oleh orang tua kepada anak. Oleh karena itu, lakukan permainan ini jika suasana hati anak menyenangkan dan dalam kondisi yang baik. Mempelajari apapun itu tidak masalah selama anak merasa senang atau bahagia. Jika anak-anak merasa bahagia selama mempelajari sesuatu, berapapun usianya (karena perkembangan tiap anak berbeda) maka mereka akan menyerap banyak ilmu darinya. Jika perasaan anak tertekan selama belajar, maka itu artinya pendekatan yang Anda lakukan tidak tepat.
Lakukan permainan ini dengan sangat singkat. Mula-mula lakukan permainan ini 1 kali setiap hari selama 3 menit dengan 5 kartu kata saja, hentikan sebelum anak merasa bosan untuk bermain. Tunjukkan kartu-kartu itu secepat mungkin. Faktor kecepatan itu sendiri menentukan keberhasilan pelajaran yang diharapkan.
Tahapan mengajar membaca dengan permainan ABACA Flashcard adalah dengan memperkenalkan kata-kata tunggal dengan menggunakan 5 kata saja. Setelah dikuasai oleh anak, tambahkan 2 kata baru dan yang 3 adalah kata yang lama. Demikian seterusnya dari tema ke tema lain sehingga anak dapat menguasai kosa kata baru dengan sangat cepat. Tahapan selanjutnya adalah tahapan gabungan kata. Bila anak telah mengenal kata-kata tunggal, maka anak siap untuk menggabungkan kata-kata tersebut menjadi 2 suku kata. Gabungan 2 kata merupakan jembatan dari tahapan membaca yang paling dasar yaitu kata tunggal ke tahap berikutnya. Tahap selanjutnya adalah memperkenalkan kalimat. Susun kata-kata yang sudah diperkenalkan kepada anak terdiri dari 3 kata yang bermakna, sehingga anak akan mudah mengingat kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya.
ABACA Flashcard dapat menjadi media pembelajaran yang bagus sebagai pendamping belajar membaca anak karena media yang cara belajarnya interaktif, melibatkan semua indera yang ada, bersifat privat, memberi umpan balik secara langsung dan mampu mengembangkan imajinasi anak. Disamping itu kelebihan ABACA Flashcard adalah:
1. Memperhitungkan tingkat kesulitan materi huruf pada setiap kartu. Bahkan teknik pengklasifikasian tiap suku kata diperhitungkan berdasarkan hasil observasi pada beberapa anak yang mengalami kesulitan menghafal huruf. Huruf-huruf yang sulit, diletakkan di urutan terakhir agar anak tidak terbebani ketika pertama kali mengenal huruf tertentu.
2. Dalam 1 sisi kartu ABACA Flashcard hanya ada 1 simbol yang variabelnya berubah seperti a, b, c, dst dan satu huruf lagi yang variabelnya tetap. Dengan menciptakan pola yang konsisten hingga “za” lalu mengklasifikasikannya sesuai tingkat kesulitannya sehingga lebih dihafal oleh anak.
3. Materi yang terasa tidak lengkap jika tidak dipadukan dengan game yang asyik. Bahkan tingkat kesulitan gamenya pun diperhitungkan. Jika game terlalu sulit, maka akan menurunkan gairah anak untuk belajar, sehingga perpaduan antara game dengan materi yang ada pada kartu harus selaras agar belajar menjadi benar-benar menyenangkan.
4. Membantu anak lebih fokus pada huruf, sebab di setiap kartu terdapat suku kata yang tersusun sistematis dan terstruktur.
5. Bentuk kartu menggunakan huruf ukuran besar dan warna mencolok disertai dengan sehingga menghafal huruf akan menjadi lebih mudah.
6. Dilengkapi dengan permainan agar lebih efektif. Permainan disajikan dengan kesulitan rendah untuk menjaga antusiasme anak.
7. Media ramah otak anak dan anti mental hectic, disusun sesuai teori pembelajaran yang baik dan efektif.
Lihat juga produk Mainan Edukasi ABACA Flashcard
lainnya di:
#terimakasihgoogle
Tidak ada komentar:
Posting Komentar