![]() |
Pola Perkembangan Sosial Anak |
Sebagaimana perkembangan
fisik anak yaitu gerakan fisik pertama anak yang tidak dapat dibedakan, di mana
anak bergerak kemana-mana secara tiba-tiba ketika ada hal yang menarik
perhatian mereka. Perkembangan sosial dan emosional bayi juga tidak dapat
dibedakan, pada respon yang diberikan terhadap suatu stimulus seperti lapar
atau dingin maka akan menimbulkan tangisan yang tidak dikhususkan bagi stimulus
tersebut.
Dalam suatu minggu tertentu,
tangisan anak menjadi dibedakan sedemikian rupa sehingga para orangtua dapat
membedakan antara tangisan yang menunjukkan bahwa anak lapar, bosan atau merasa
sakit. Pada usia enam minggu atau dua bulan, bayi dapat bereaksi terhadap orang
dewasa yang sedang tersenyum padanya dan mulai untuk meniru perilaku seperti
mengeluarkan lidahnya atau menutup matanya.
Pada delapan bulan atau
sekitar usia tersebut anak telah mengembangkan hubungan yang kuat dengan
orangtuanya dan merasa khawatir apabila dipisahkan atau ditinggal. Anak yang
baru belajar berjalan mulai mengembangkan hubungan kasih sayang dengan keluarga
mereka. Anak yang berusia dua tahun sedang berusaha untuk memilih identitas
diri mereka sendiri, dan “aku dapat melakukan sendiri hal itu” adalah salah
satu kalimat pernyataan yng paling sering diucapkan oleh anak.
Ketika anak berusia tiga
tahun, anak mulai membangun suatu hubungan dengan keluarga mereka dan juga
dengan orang lain yang bukan merupakan anggota keluarga mereka. Mereka juga
mencoba untuk membuat sebuat strategi untuk menyatakan keinginan mereka.
1. Perkembangan Kepribadian
Salah satu unsur
perkembangan sosial adalah perkembangan kepribadian. Eric Erikson, seorang ahli
teori psikoanalis, berkonsentrasi untuk memahami tentang perkembangan dari ego,
suatu perasaan terhadap diri. Uraian yang dia berikan tentang tahapan-tahapan
dalam perkembangan ego bermanfaat bagi para orangtua dan guru. Erikson
memandang perkembangan identitas anak sebagai cerminan dari hubungan dengan
orangtua, keluarga dan guru di dalam konteks yang lebih luas yaitu dengan
masyarakat.
Guru yang berpikir tentang
perilaku anak-anak di (dalam) terminologi Erikson akan merencanakan program
yang menyediakan banyak peluang untuk anak-anak guna membangun kepercayaan dan
untuk membuat berbagai macam pilihan serta merasakan sukses dari pilihan yang
mereka buat sendiri. Membangun sebuah persahabatan adalah penting dalam
tujuannya untuk membangun sebuah kepercayaan. Membantu anak-anak untuk
mengenali kebutuhan dan perasaan mereka sendiri merupakan hal yang penting di
dalam membangun kepercayaan.
Anak harus merasakan bahwa
gagasannya adalah gagasan yang baik dan orang lain menghormati gagasan itu.
Jika terlalu banyak waktu yang dihabiskannya di sekolah atau tempat penitipan
anak lainnya diarahkan untuk memperhatikan guru, maka anak akan mulai merasa
bahwa gagasan mereka tidak dapat diterima.
Anak-anak yang lebih tua
perlu untuk mengambil bagian di dalam aktivitas di mana prestasi mereka jelas
nyata dan patut untuk dirayakan. Sebagai contoh, anak yang berusia empat atau
lima tahun harus mengetahui bahwa jika mereka menyarankan sebuat aktivitas,
maka guru akan mendengarkan dan membantu mereka untuk menyelesaikan gagasan
mereka tersebut jika mungkin.
Jika aktivitas tidak dapat
dikerjakan di dalam kelas, maka guru akan tetap menerima gagasan mereka
tersebut dengan rasa hormat dan mungkin membantu anak untuk memodifikasi
gagasan tersebut atau memenuhi beberapa bagian dari aktivitas itu.
![]() |
Perkembangan Konsep Diri |
2. Perkembangan Konsep Diri
Unsur perkembangan sosial
yang lain dari anak adalah perkembangan konsep diri. Konsep diri dikembangkan
secara bertahap; anak mengembangkan konsep dirinya sebagai seorang individu
yang terpisah dari orang lain selama beberapa tahun. Melalui interaksi pertama
anak dengan orangtua dan keluarga dan kemudian dengan orang lain di luar
keluarga tesebut, anak secara berangsur-angsur mulai mengembangkan suatu konsep
mengenai siapa mereka adanya dan seperti apa mereka.
Dalam suatu studi klasik
tentang konsep diri anak-anak, ternyata bahwa anak, terutama anak laki-laki
memiliki konsep diri yang baik, memiliki orangtua yang menerima, menyayangi dan
memperhatikan anak mereka. Orangtua juga memberlakukan aturan yang kuat secara
hati-hati dan menetapkan standar perilaku yang tinggi, tapi tidak dengan
menggunakan cara penerapan disiplin yang non-coercive. Mereka juga
mempertunjukkan interaksi yang lebih demokratis dengan anak-anak mereka.
Para guru sering
merencanakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan konsep diri
anak. rencana ini sering meliputi unit tentang “aku.” Walaupun pengembangan hal
positif bagi diri anak dijadikan sebagai tujuan akhir, berkonsentrasi pada hal
“aku” tidak akan memenuhi kebutuhan anak dalam hal konsep diri.
Para guru akan mempromosikan
konsep diri secara lebih efektif dengan merencanakan suatu kurikulum yang
mengijinkan adanya beragam pilihan bagi anak-anak dan peluang untuk mengambil
bagian dalam suatu aktivitas yang bervariasi di mana mereka dapat meraih suatu
prestasi dan dapat merasa terkendali. Hal positif tentang diri mereka sendiri
dan kemampuan mereka adalah lebih baik dalam hal membantu perkembangan mereka,
dibandingkan dengan pengalaman yang sudah mereka peroleh, seperti, menggambar
tentang “aku”, makanan favoritku, binatang kesayanganku, dan mainan favoritku.
![]() |
Peran dari Permainan |
3. Peran dari Permainan
Pengalaman bermain sangat
penting di dalam perkembangan sosial dan emosional anak-anak. Anak-anak dapat
memainkan berbagai peran dan perilaku serta mendapatkan umpan balik tentang
kecocokkan dari perilaku dalam bermain. mereka dapat memainkan peran pemarah
atau sebagai bayi dan menemukan tanggapan seperti apa perilaku yang mereka
timbulkan dalam situasi yang tidak dikondisikan.
Mereka juga dapat juga
memainkan berbagai peran dari orang dewasa. Anak-anak yang lebih muda sering
memainkan peran anggota keluarga, dan seiring dengan pengalaman yang mereka
miliki maka mereka juga mulai mencob untuk memainkan peran di luar peran
keluarga tersebut. Mereka mungkin bermain tentang toko bahan makanan, penjaga
pompa bensin, dokter gigi, atau tukang sampah dan juga menyelidiki pola
perilaku yang mereka yakini sesuai dengan individu tersebut.
![]() |
Agresi anak |
4. Agresi
Aspek lain tentang
pembangunan sosial yang patut mendapat perhatian adalah agresi. Para guru dan
orangtua mempunyai kaitan dengan perilaku agresif anak-anak. Hasil dari studi
menunjukkan bahwa perilaku yang agresif di kelas dapat dikurangi dengan menyediakan
bahan-bahan, ruang yang cukup sedemikian sehingga anak-anak tidak mempunyai
alasan untuk bersaing antara anak y ang satu dengan anak yang lain.
Studi ini juga menyarankan
untuk menghilangkan mainan yang dapat mengarahkan diri anak ke arah agresif dan
tidak membiarkan anak-anak untuk mengambil manfaat dari perilaku yang agresif
dengan mengendalikan korban atau berusaha untuk memperoleh perhatian dari guru.
Adalah juga merupakan hal yang penting juga untuk meniru model perilaku saling
bekerja sama, mendiskusikan dan menunjukkan solusi ke permasalahan yang lain
selain dari agresi, dan bukan hanya untuk mengalihkan agresi ke benda mati.
![]() |
Identifikasi Peran Seks |
5. Identifikasi Peran Seks
Identifikasi peran seks
adalah merupakan hal penting yang lain dalam pembangunan sosial. Sebelum anak
yang berusia tiga tahun mulai untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri
sebagai anak laki-laki atau anak perempuan maka pada usia ini mereka sudah
dapat mengidentifikasi orang lain sebagai anak laki-laki atau anak perempuan.
Selanjutnya mereka mulai
mengembangkan konsep identitas seksual dan sikap mereka tentang peran yang
sesuai bagi pria dan wanita. Sesungguhnya, anak-anak yang berusia prasekolah
mungkin agak bingung tentang permainan atau tugas yang sesuai bagi pria atau
wanita. Setelah sekitar umur tujuh tahun anak-anak nampak tumbuh lebih sedikit
kaku dalam pikiran mereka tentang peran seks, hal ini disebabkan mungkin karena
mereka lebih merasa aman tentang identitas seksual mereka sendiri.
Para guru akan menginginkan
struktur kelas dan aktivitas yang sedimikian sehingga kedua-duanya baik anak
laki-laki dan anak perempuan mempunyai dorongan dan peluang yang sama untuk
mengambil bagian. Pastikan bahwa literatur merupakan hal yang dipilih untuk
digunakan di dalam kelas untuk mencontohkan tentang perilaku yang tidak dapat
ditiru oleh jenis kelaminn dan juga menghindari untuk memberikan tugas dalam
suatu cara yang harus mematuhi peraturan-peraturan tertentu (secara konsisten
meminta anak laki-laki untuk melakukan pekerjaan berat dan anak perempuan untuk
melakukan pekerjaan lisan atau seni).
PERKEMBANGAN SOSIAL
a. Kelahiran sampai usia
tiga tahun
- Bereaksi terhadap orang lain
- Menikmati pada saat bergaul dengan anak-anak lain
- Dapat memelihara keterlibatan dengan anak lain untuk suatu periode yang sangat pendek
- Mampu berbagi tanpa perlu membujuk
- Menunjukkan kemampuan yang sangat kecil untuk menunda kepuasan
- Dapat meniru tindakan orang lain
- Mulai untuk melibatkan diri pada permainan yang paralel
b. Usia tiga sampai empat
tahun
- Menjadi lebih sadar akan diri sendiri
- Mengembangkan perasaan rendah hati
- Menjadi sadar akan rasial dan perbedaan seksual
- Dapat mengambil arah, mengikuti beberapa aturan
- Memiliki perasaan yang kuat ke arah rumah dan keluarga
- Menunjukkan suatu pertumbuhan dalam hal perasaan atau pengertian dari kepercayaan pada diri sendiri
- Bermain paralel; mulai bermain permainan yang memerlukan kerja sama
- Memiliki teman bermain khayalan
c. Usia lima sampai enam
tahun
- Menyatakan gagasan yang kaku tentang peran jenis kelamin
- Memiliki teman baik, meskipun untuk jangka waktu yang pendek
- Sering bertengkar tetapi dalam waktu yang singkat
- Dapat berbagi dan mengambil giliran
- Ikut ambil bagian dalam setiap kegiatan pengalaman di sekolah
- Mempertimbangkan setiap guru merupakan hal yang sangat penting
- Ingin menjadi yang nomor satu
- Menjadi lebih posesif terhadap barang-barang kepunyaannya
d. Usia tujuh sampai delapan
tahun
- Lebih sering bersaing dengan teman sebaya
- Bergantung pada orangtua untuk perluasan dan minat aktivitas
- Masih dipengaruhi oleh pendapat dari teman sebaya
- Sering bermain dengan teman lawan jenis
- Membutuhkan nasihat-nasihat dari guru dalam banyak hal
- Mulai dapat berbagi
- Mulai ingin untuk mempersilahkan orang lain
- Menjadi lebih mandiri di tempat kerja dan bermain
- Memiliki format yang lebih kronis dalam hal persahabatan
- Mulai membentuk kelompok-kelompok
#terimakasihgoogle
Tidak ada komentar:
Posting Komentar